Perusahaan Makanan Jepang Libatkan Lebih Banyak UMKM

Sedang Trending 2 minggu yang lalu
Perusahaan Makanan Jepang Libatkan Lebih Banyak UMKM (MI/HO)

PANGSA pasar menjadi salah satu tantangan yang dihadapi pelaku usaha kecil, mikro, dan menengah (UMKM). Ini karena ada limitasi dari sisi modal usaha dan persaingan dengan perusahaan besar.

Karena itu, Koordinator/Pendamping UMKM PT Poksi Ekraf Indonesia Rina Maulina menyambut baik ide dari Sushi Tei Group untuk memperkenalkan produk UMKM kepada konsumennya. "Dengan kolaborasi ini, kami sangat terbantu untuk memperkenalkan produk kami sehingga tidak hanya dikenal di area Jakarta tetapi sampai ke seluruh Indonesia dan kami juga berharap ke depan ada perusahaan lain yang mempunyai misi serupa dengan Sushi Tei Group yang mendukung UMKM seperti kami," tutur Rina dalam keterangannya, Senin (24/2).

Kolaborasi antara perusahaan asal Jepang itu dengan mitra UMKM juga mendapat tanggapan positif dari Kementerian UMKM. Deputi Bidang Usaha Menengah di Kementerian UMKM Bagus Rachman menyebutkan bahwa peran swasta sangat berpengaruh dalam mempercepat pertumbuhan ekonomi UMKM di Indonesia.

"Penyediaan level dan jaringan pasar menjadi salah satu faktor penting dalam perkembangan UMKM, apalagi dengan berkolaborasi dengan perusahaan besar seperti Sushi Tei Group yang cabangnya sudah banyak di Indonesia. Hal ini dapat lebih cepat memperkenalkan produk UMKM ke masyarakat Indonesia," ujar Bagus.

Presiden Direktur Sushi Tei Group Sonny Kurniawan menerangkan langkah ini seiring dengan anjuran pemerintah untuk menggerakkan perekonomian Indonesia dalam mendukung UMKM dalam mengkreasikan paper serta menjadikannya sebagai bagian dari rantai pasok perusahaan. Bertepatan dengan kedatangan bulan suci Ramadan, pihaknya meluncurkan seasonal paper seperti Sushi Tei, Tom Sushi, Sushi Kyuden, Hokkaido-Ya, dan Yoka Yoka, dengan bahan dasar menggunakan produk UMKM seperti tahu walik, rempeyek, kentang kriuk, sambal matah, keripik tempe, ketan hitam, dan tapai.

"Pada dasarnya, kami sudah menggunakan beberapa produk dari mitra UMKM di paper reguler kami. Di momen yang bertepatan dengan bulan suci Ramadan, kami berkolaborasi dengan lebih banyak mitra UMKM dalam pembuatan seasonal paper terbaru ini dengan harapan dapat membuka peluang yang lebih luas bagi mitra usaha UMKM agar produknya dikenal di seluruh Indonesia," ungkapnya. (Ant/I-2)

Selengkapnya
Sumber local
local